Penyuluhan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kota Manado

Authors

  • Ade Yusupa Author
  • Agung Sutrisno Author
  • Bernard Jumadi Dehotman Sitompul Author

DOI:

https://doi.org/10.57207/1x28nx74

Abstract

Lebih dari satu tahun terakhir perekonomian di Indonesia mengalami pelemahan akibat pandemi Covid-19. Jumlah kasus positif semakin meningkat sedangkan kekuatan ekonomi masyarakat semakin melemah. Akibat pandemi Covid-19, pendapatan harian menurun tajam sehingga berpotensi mematikan kehidupan perekonomian UMKM. Hal ini perlu diwaspadai agar UMKM dapat bertahan di tengah kondisi yang tidak menentu. UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan mencari terobosan, bukan hanya untuk keberlangsungannya, akan tetapi juga untuk meningkatkan peluang di tengah pandemi. Salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM yaitu penggunaan teknologi pemasaran secara online atau yag disebut digital marketing. Hal ini terkait fakta di lapangan bahwa banyak UMKM di daerah yang belum mengetahui cara pemasaran online serta teknik pemasaran produk yang optimal. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada pelaku UMKM untuk membangun ekosistem digital dengan pemasaran online atau digital marketing di saat pandemi Covid-19. Objek dalam pengabdian adalah pelaku usaha UMKM yang berada di kota Manado. Diharapkan hasil dari pelatihan program kemitraan masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan strategi pemasaran digital bagi mitra UMKM sehingga dapat bertahan pada kondisi pandemi dan terhindar dari potensi bangkrut akibat pandemi Covid-19.

Published

2021-12-31