Analisis Pelaksanaan Pelayanan Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2021

Authors

  • Apdalah Hermansa Saranaung Author
  • Franckie R.R Maramis Author
  • Febi K. Kolibu Author

DOI:

https://doi.org/10.57207/5hmyte03

Abstract

Pelayanan Rumah Sakit pada masa pandemi COVID-19 rentan akan masalah, ancaman dan risiko, termasuk risiko akan situasi pandemi COVID-19 yang harus bersiap untuk menghadapi adaptasi kebiasaan baru. Rumah Sakit harus mulai memikirkan langkah yang akan diambil untuk memberikan perawatan kepada pasien terkonfirmasi COVID-19 namun di saat bersamaan juga memberikan pelayanan kepada pasien umum dengan risiko penularan seminimal mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan pelayanan COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Kepl. Talaud. Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan metode penelitian kualitatif , penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 – Januari 2022. Subjek penelitian berjumlah 6 orang yang terdiri: Ketua tim tenaga kesehatan yang menanganani COVID-19/DPPJ, dokter, perawat, direktur rumah sakit, Kepala bidang keperawatan. Pengaturan Alur Layanan terkait pelaksanaan pelayanan COVID-19 di RSUD Kab. Kepl. Talaud menggunakan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus disease 2019 (COVID-19), berdasarakan observasi dokumen standar operasional prosedur (SOP) tidak ditemuka di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kab.Kepl. Talaud. Pemenuhan sarana, prasarana dan fasilitas, masih mengalami berbagai kendala ketidak cukupan saran dan prasarana. Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan dalam pelayanan COVID-19, dilaksanakan saat proses pemberian pelayanan kepada pasien. Pengetahuan dan pemahaman tim tenaga kesehatan yang menangani COVID-19 terhadap tugas dan tanggung jawab sudah baik. Faktor komitmen dan kepemimpinan terhadap pelaksanaan pelayanan COVID-19 dari anggota tim tenaga kesehatan yang menangani COVID-19 sudah baik, akan tetapi komitmen dari direktur belum terlihat nyata dalam implementasinya bagi sebagian anggota tim, faktor kuantitas dan kualitas masih kurang baik.

Downloads

Published

2022-06-30