Keunggulan Bersaing Menggunakan Low Cost Perguruan Tinggi pada Universitas Muhammadiyah Manado
DOI:
https://doi.org/10.57207/qyd7g444Abstract
Suatu perguruan tinggi yang mempunyai keunggulan bersaing dengan cara implementasikan suatu strategi Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi yaitu menggunakan asset pemasaran (marketing asset) untuk membentuk keunggulan bersaing. keunggulan bersaing, yaitu : keunggulan biaya menyeluruh atau efisiensi biaya, keunggulan diferensiasi, dan keunggulan fokus. Keunggulan fokus selanjutnya dapat di bagi ke dalam fokus biaya dan fokus diferensiasi. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif yang menggambarkan situasi dan kondisi lingkungan internal dan eksternal UM Manado dalam menghadapi persaingan antar
perguruan tinggi. bersifat kualitatif, uji dependability dilakukan dengan cara mengaudit terhadap keseluruhan proses penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keunggulan bersaing serta rumusan strategi keunggulan bersaing dengan pendekatan low Cost. wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Alat analisis yang digunakan adalah value chain analysis yang didukung dengan alat analisis lingkungan internal dan eksternal. 3 responden dari pimpinan UM Manado Ketua BPH dan ( Rektor, wakil Rektor Bidang Keuangan) yang mewakili kondisi dan karakter data yang dibutuhkan dalam case study dan Dekan beserta Kaprodi sebagai konfirmatori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi UM Manado analisis Value Chain dapat digunakan sebagai salah satu alat analisis manajemen biaya untuk pengambilan keputusan strategis dalam menghadapi persaingan bisnis dapat bertahan dan makin exis. Aktivitas primer yang paling banyak memberikan nilai keunggulan terhadap UM Manado adalah aspek operasional dan pelayanan, sedangkan aktivitas sekunder yang paling banyak memberikan nilai adalah aspek kualitas manajemen sumber daya manusia (MSDM). bahwa keberadaan jaringan kerjasama internal yang baik (BPH, Pimpinan Rektorat, Majelis Dikti
Litbang PP Muhammadiyah) hal ini ditunjukkan low Cost mulai dari perencanaan anggaran, penggunaan dan pelaporan yang transporan-akuntabel, memberikan kontribusi secara optimal keunggulan bersaing dengan cara implementasikan suatu strategi Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi strategi Low Cost hakekatnya adalah penekanan pada pemeliharaan/pengelolaan struktur biaya yang lebih rendah dari para pesaing secara signifikan.